Sabtu, 31 Agustus 2019

Pengajian 1 Muharram 1441 Hijriah

Sabtu, 31 Agustus 2019 mulai  pukul 20.00 s.d. 22.30 WIB di Lapangan Perumahan Argopeni Kutoarjo berlangsung kegiatan menyambut Tahun Baru 1 Muharam 1441 Hijriah dan esok paginya pelaksanaan sunatan massal.
Kegiatan ini merupakan tahun ke-9 yang semua biayanya untuk 150 peserta khitan, dicukupi secara tetap oleh penyandang dana tunggal Bp. Drs. H. Sugito dan keluarga.
Acara diawali pembukaan dengan Basmallah dipimpin pembawa acara Bp. Wiyoto Harjono, S.T., dilanjutkan sambutan Ketua Panitia Drs. H. Pujiono yang menyampaikan bahwa peserta yang telah terdaftar sampai pukul 20.50 WIB sejumlah 131 anak.
Acara pengajian ini dihadiri Camat Bp. Sumarjono, S.Sos. beserta Komandan Rayon Militer (Koramil) dan Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Kutoarjo.
Berikutnya sambutan wali peserta khitan disampaikan Bp. Agus Purtomo dari Bandungrejo Bayan.
Pembacaan (hafal) ayat suci Alquran Surat Al Qiyamah oleh ananda Anna Althofunnisa, terjemahan/sari tilawah oleh Batricia Azka Rasyadi Putri.
Pengajian oleh Mubaligh Mustofa Al Fikri, S.Ag. dari Wonosobo yang menyampaikan bahwa :
- Hidup di dunia hanya sementara, manusia berasal dan kembali dibangkitkan dari tanah/bumi.
- Penjelasan Q.S. Al Baqarah ayat 200 yang intinya bahwa ditambah umur pada hakikatnya dikurangi nikmat, Muharram sebagai awal kalender hijriah/Islam.
- Mengenai manfaat memakai celak untuk mencegah sakit mata, karena termasuk yang dicontohkan/sunah Nabi.
- Mengusap kepala anak yatim dan disodaqohi, karena mutaqin yang menempati surga adalah ahli sedekah.
Ceramahnya diakhiri dengan doa penutup.

Lihat foto selanjutnya di sini

Tidak ada komentar:

Arsip Komentar